PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NON-PRODUKTIF MELALUI KETERAMPILAN PEMBUATAN PRODUK SABUN CUCI PIRING DI SMP BINA DAKWAH LEUWILIANG BOGOR

Authors

  • Muhammad Fathurrahman Universitas Pakuan
  • Tri Aminingsih Universitas Pakuan
  • Usep Suhendar Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.31970/abditani.v5i2.171

Keywords:

PKM, SMP Bina Dakwah, Sabun Cuci Piring

Abstract

Mitra yang terlibat dalam kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah SMP Bina Dakwah Leuwiliang Bogor. SMP Bina Dakwah merupakan suatu lembaga non-profit yang bergerak di bidang pendidikan. Masyarakat kelompok ini kami jadikan sebagai mitra untuk diberikan keterampilan membuat sabun cuci piring dengan harapan keterampilan ini mampu mengangkat masyarakat untuk berkarya dan menjadi masyarakat yang produktif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Pelaksanaan program ini dilakukan melalui pelatihan keterampilan pembuatan sabun cuci piring untuk skala industri rumah tangga secara detail, kontinyu dan tuntas sampai dihasilkan produk sabun cuci piring dengan kualitas yang baik. Selain itu, dilakukan pelatihan pengemasan dan pelabelan produk sabun cuci piring dalam kemasan. Pelatihan dilanjutkan dengan pembinaan serta pendampingan mitra dalam memulai membuat jaringan pemasaran ke berbagai pihak yang membutuhkan produk sabun cuci piring ini. Jenis luaran yang akan dihasilkan dari program pemberdayaan masyarakat non produktif melalui keterampilan membuat sabun cuci piring ini adalah model pemberdayaan masyarakat, mencakup terbukanya wawasan masyarakat non-produktif mengenai peluang usaha pembuatan sabun cuci piring, menghasilkan tenaga-tenaga terampil, menghasilkan produk sabun cuci piring yang berkualitas baik dan siap untuk dipasarkan dan membuka peluang untuk direkomendasikan menjadi usaha kecil mandiri yang lebih potensial sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan.

References

Purwaniati, Emma Emawati, Anne Yuliantini, Winasih Rahmawati, dan Idar. (2020). Produksi Sabun Cuci Piring dan Sabun Mandi Rumah Tangga Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Masyarakat. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 145-151.

Iryani A, Sutanto, dan Fathurrahman M (2017). Pemberdayaan Masyarakat Non Produktif Melalui Keterampilan Pembuatan Tawas Dari Limbah Kaleng Bekas Minuman. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 99-107.

Fathurrahman M dan Suhendar U. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Non Produktif Melalui Keterampilan Pembuatan Balsem Stick Jahe Di Pesantren YAPISA Leuwiliang Bogor. DIFUSI, 3(2), 55-63

Dahliani Silvia Sianiar, Ni Luh Gede Ratna juliasih, dan Agung Abadi Kiswandono. (2021). Pembuatan Sabun Cair Cuci Piring Berbasis Surfaktan Sodium Louryl Sulfate. Analit: Analytical and Environmental Chemistry, 6(2), 188-196.

Eka Sulistyaningsih dan Indah Pratiwi Pakpahan. (2020). Pembuatan Sabun Pencuci Piring Sebagai Peluang Usaha Bagi Ibu Pkk Dusun Putat Wetan,Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND, 3(2), 94-99.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Muhammad Fathurrahman, Tri Aminingsih, & Suhendar, U. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NON-PRODUKTIF MELALUI KETERAMPILAN PEMBUATAN PRODUK SABUN CUCI PIRING DI SMP BINA DAKWAH LEUWILIANG BOGOR. Jurnal Abditani, 5(2), 86-91. https://doi.org/10.31970/abditani.v5i2.171

Issue

Section

Articles