PKM KELOMPOK BUDIDAYA LEBAH MADU DESA NAMO KECAMATAN KULAWI KABUPATEN SIGI

  • Muthmainnah Mutmainnah Tadulako University
  • Abdul Hapid Universitas Tadulako
  • Hamka Hamka Universitas Tadulako
  • Zulkaidhah Zulkaidhah Universitas Tadulako
Keywords: Hutan, Hasil Hutan, Lebah Madu, Pendapatan

Abstract

Pelestarian kawasan hutan dan alam harus dilakukan secara multi efek, artinya pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan pendekatan dalam menunjang nilai tambah ekonomi tanpa harus merusak hutan.Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah adalah budidaya lebah madu bagi masyarakat di sekitar hutan. Kegiatan budidaya lebah madu apabila tidak dikelola secara professional tidak akan memberikan keuntungan bagi masyarakat. Salah satu wilayah di Indonesia khususnya Sulawesi Tengah yang sangat potensial untuk kegiatan budidaya lebah madu adalah Desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat yang ada di Desa Namo, khususnya kelompok tani budidaya lebah madu maka Tim Pengabdi melakukan pertemuan dengan anggota kelopok tani hutan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama melakukan kegiatan budidaya lebah madu. Berdasarkan uraian diatas maka tujuan yang akan dicapai pada program pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan bagi mitra tentang teknik budidaya lebah madu yang professional sehingga dapat meningkatkan pendapatan mitra, sehingga dapat mengurangi aktivitas masyarakat di dalam Kawasan  Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program pengabdian ini adalah melakukan penyuluhan kepada anggota mitra tentang teori yang berkaitan dengan budidaya lebah, khususnya tentang biologi lebah, peralatan budidaya lebah, analisa usaha perlebahan, hama dan penyakit lebah madu serta tanaman pakan lebah. Juga dilakukan kegiatan pelatihan tentang model cara membuat kotak lebah yang baik duntuk lebah Apis cerana F. Selain itu untuk memberikan pelatihan cara pemindahan koloni lebah dari alam ke kotak lebah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa jenis kayu yang baik untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kotak lebah adalah kayu kelapa dan kayu bayur. Pada umumnya kelompok tani lebah Mitra telah paham budidaya lebah secara moderen.Budidaya lebah yang dilakukan setelah kegiatan pengabdian memberikan pengaruh peningkatan pendapatan kelompok tani mitra.

References

Anggraini AD, Kassa S and Laapo A Analisis Titik Pulang Pokok USAha Budidaya Lebah Madu “Jaya Makmur” di Desa Jono Oge Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.Agrotekbis 4.
Hamzah D (2011) Produksi Lebah Madu (Apis cerana) yang Dipelihara Pada Sarang Tradisional dan Moderen di Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
Hapid A, Wardah W, Massiri SD and Hamka H (2018) Pengembangan Desa Mitra di Desa Bakubakulu Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi.Abditani1:35-42.
Kehutanan TBL and Betiri TNM (2011) Review tentang Illegal Logging sebagai Ancaman terhadap Sumber Daya Hutan dan Implementasi Kegiatan Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi di Indonesia. Bogor: Puslitbang Kementerian Kehutanan.
Manullang S (1999) Kesepakatan Konservasi Masyarakat dalam Pengelolaan Kawasan Konservasi, Departemen Kehutanan dan Perkebunan.
Marzali A (2016) Antropologi & Pembangunan Indonesia, Prenada Media.
Muhazan M (2015) Pengaruh Disain Kotak Terhadap Produksi Madu Dan Propolis Lebah Trigona Di Desa Genggelang Kabupaten Lombok Utara, Universitas Mataram.
Murtidjo BA (1991) Memelihara lebah madu, Kanisius.
Mutmainnah M, Hapid A and Hamka H (2018) Pkm Kelompok Tani Aren di Sekitar KPH Tinombo Dampelas Sulawesi Tengah. Abditani 1:58-64.
Novandra A and Widnyana I (2013) Peluang pasar produk perlebahan Indonesia.Balai Penelitian Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu.
Sadono D (2008) Pemberdayaan petani: paradigma baru penyuluhan pertanian di Indonesia. Jurnal penyuluhan4.
Said DO (2017) Sistem Produksi dan Curahan Waktu Pembudidayaan Lebah Madu (Apis cerana) di Kabupaten Lombok Utara. Fakultas Peternakan, Universitas Nahdlatun Wathan Mataram.
Sakri FM (2012) Madu dan Khasiatnya: Suplemen Sehat Tanpa Efek Samping, Diandra Kreatif.
Sebayang T, Salmiah S and Ayu SF (2017) Budidaya Ternak Lebah Di Desa Sumberejo Kecamatan Merbau Kabupaten Deli Serdang.ABDIMAS TALENTA2:168-178.
Setiawan A, Sulaeman R and Arlita T (2016) Strategi pengembangan usaha lebah madu kelompok tani setia jaya di desa rambah jaya kecamatan bangun purba kabupaten rokan hulu.Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau 3:1-9.
Suprayitno AR (2008) Pelibatan Masyarakat Lokal: Upaya Memberdayakan Masyarakat Menuju Hutan. Jurnal Penyuluhan 4.
Tjatjo NT (2015) Karakteristik pola agroforestri masyarakat di sekitar hutan Desa Namo Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi. JSTT 4.
Published
2019-10-30
Section
Articles