PKM PEMBERDAYAAN PETANI BAWANG MERAH LOKAL PALU MELALUI PENERAPAN MODEL SLPHT DI DESA WOMBO KECAMATAN TANANTOVEA KAB. DONGGALA PROVINSI SULAWESI TENGAH

  • Arfan Arfan Arfan universitas alkhairaat
  • Asrawaty Asrawaty Universitas Alkhairaat
Keywords: Pengendalian, OPT, Bawang merah, Ramah Lingkungan

Abstract

Target yang dicapai dari program PKM adalah: Meningkatnya keterampilan anggota kelompok tani di Desa Wombo Kalonggo tentang teknologi pengendalian hama dan penyakit pada budidaya bawang merah lokal Palu sedangkan luaran yang ingin dicapai dari program PKM  ini adalah: Meningkatnya produksi bawang merah lembah palu melalui transformasi teknologi pengendalian hama dan penyakit bawang merah lembah palu secara terpadu. Dalam meningkatkan keterlibatan dan menciptakan kemandirian anggota kelompok tani pada pelaksanaan program PKM dengan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA/RRA), secara bersama-sama dengan anggota kelompok tani dapat menyelesaikan dan memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh anggota kelompok.Penguatan kapasitas sumber daya manusia petani secara individu dan kelompok, introduksi dan adopsi teknologi pertanian dengan basis ramah lingkungan dengan pendekatan  model demonstrasi percobaan dengan metode sederhana Sekolah Lapangyang mencakup: Introduksi Teknologi Budidaya Tanaman Sehat, Introduksi Teknologi Bioinsektisida Berbahan Aktif  Beauveria bassiana dan Trichoderma sp, Introduksi Teknologi Bioinsektisida Berbahan Aktif  Trichoderma sp, TeknologiPupuk Organik,Teknologi Pasca Panen.

References

Arfan dan Nuria, 2016.Penggunaan Insektisida pada Tanaman Bawang Merah di Bulupountu Jaya dan Soulove. Laporan Penelitian. Universitas Alkhairaat, Palu.
BPS, 2015.Sulawesi Tengah dalam Angka.BPS Propinsi Sulawesi Tengah, Palu.
Djojosumarto, P., 2000. Teknik Aplikasi Pestisida Pertanian. Kanisius, Yogyakarta.
Disperindakop Kota Palu, 2015.Data Produksi Bawang Goreng Kota Palu Tahun 2015.
Maskar, Chatijah dan A. Asni. 1999. Pengujian Paket teknologi Budidaya Bawang Merah Varietas Lokal di lahan Kering. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Biromaru
Rauf A, Shepard BM, Johnson MW. 2000. Leafminers in vegetables, ornamental plants and weeds in Indonesia: Surveys of host crops, species composition and parasitoids. International Journal of Pest Management 46:257–266.
Shahabuddin, Anshary A, & Gellang A. 2012. Tingkat serangan dan jenis lalat pengorok daun pada tiga varietas bawang merah di Sulawesi Tengah. J.HPT Tropika 12(2)
Shahabuddin, Flora Pasaru, & Hasriyanty, 2013. Pengorok Daun Dan Potensi Parasitoidnya Pada Berbagai Jenis Tanaman Sayuran Di Lembah Palu.J. HPT Tropika. 13 (2)
Tim Pelaksana IbW Kecamatan Dolo Selatan 2012. Pembuatan Bioinsektisida Berbahan Aktif Beauveria bassiana dan Trichoderma sp. Untuk Memenuhi Ketersediaan Bahan Pengendali OPT Petani, LPM Universitas Tadulako dan Universitas Alkhairaat
Tim Pelaksana IbW Kecamatan Dolo Selatan 2012. Teknologi Pembuatan Bokasi Limbah Pertanian. LPM Universitas Tadulako dan Universitas Alkhairaat Palu.
Untung, K., 1993. Pengantar Pengelolaan Hama Terpadu. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Published
2018-12-15
Section
Articles